5 Penyebab Dinding Rembes & Cara Mengatasinya

Dinding adalah salah satu bagian terpenting dari rumah yang berfungsi sebagai partisi ruangan. Namun apa jadinya jika dinding rembes dan kemudian berjamur?! Berangkat dari pengalaman pribadi, kami yakin Anda sebagai pemilik rumah pasti akan mencari tahu penyebabnya. Benar? So pasti!

Nah berikut 5 penyebab dinding rembes berikut solusinya:

1. Dinding Retak Rambut

Biasanya retak rambut ini akan menjadi fatal ketika dibalik dinding adalah area basah atau kamar mandi.

Solusi: Kupas bagian retak kemudian diberi kompon atau plamir dinding dan waterproofing.

Catatan: Waterproofing adalah semen atau bahan khusus yang berfungsi untuk mencegah air melewati bidang yang di waterproofing.

2. Aliran Air Hujan

Biasanya disebabkan oleh talang air atau dag beton yang bocor yang mengakibatkan aliran air masuk ke dinding.

Solusi: Cari sumber kebocoran.

Misalkan terjadi pada dag beton di atap, tambal dengan acian atau semen groating pada titik retaknya. Setelah ditambal, beri waterproofing.

3. Dinding Luar Belum Diplester

Solusi: Gunakan plester dan acian pada dinding luar terlebih dahulu. Minimal pada dinding luar sampai finishing acian. Setelah itu cek di dalam dinding dalam. Apabila ternyata sudah menjamur, bersihkan, amplas. Setelah itu baru diplamir. Tunggu beberapa hari setelah mengering kemudian di cat ulang.

4 Rembesan Dari Kamar Mandi

Biasanya disebabkan dinding kamar mandi tidak menggunakan trasram atau campuran semen dengan pasir 1:2. Sehingga menyebabkan air merembes pada dinding sebaliknya.

Solusi: Kupas cat dan acian kemudian diberi waterproofing.

Instruksi: Campurkan semen khusus tersebut dengan air. Setelah teksturnya seperti acian, oleskan adukan tersebut dengan alat bantu kape ke dinding yang sering terkena air. Tunggu beberapa hari. Setelah kering bisa ditutup dengan acian semen biasa.

5 Naiknya Air Permukaan Tanah

Naiknya air permukaan tanah  bisa mengakibatkan dinding rembes. Biasanya terjadi pada area sekitar 1 m dari lantai.

Solusi: Tingkatkan kualitas plesteran dan acian.

Instruksi: Kupas plesteran lama di area 1 m dari lantai. Ganti dengan metode trasram. Plesteran dengan campuran semen pasir 1:2. Setelah di plester tunggu beberapa hari setelah kering kemudian lanjut acian dinding.

Demikian tips penyebab dan solusi mengatasi dinding rembes pada rumah. Semoga bermanfaat.